Pesan Ketua MA Saat Pelantikan PP IKAHI Periode 2022-2025
Terbaru

Pesan Ketua MA Saat Pelantikan PP IKAHI Periode 2022-2025

Mulai dari menjaga integritas, menjaga kehormatan Korp, menjaga kekomapakan, menjaga kepedulian, sampai dengan menjaga profesionalitas.

Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Ketua MA Prof Syarifuddin saat pelantikan PP IKAHI Periode 2022-2025, Kamis (23/12/2022). Foto: Humas MA
Ketua MA Prof Syarifuddin saat pelantikan PP IKAHI Periode 2022-2025, Kamis (23/12/2022). Foto: Humas MA

Pada Musyawarah Nasional (Munas) pada 15-17 November 2022 lalu di Hotel Intercontinental, Bandung, telah terpilih Dr. Yasardin sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia (PP IKAHI) Periode 2022-2025. Pelantikan Yasardin beserta jajaran pengurus baru IKAHI berlangsung pada 23 Desember 2022. Pelantikan pengurus IKAHI Periode 2022-2025 dipimpin secara langsung oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) RI Prof. Syarifuddin di gedung MA, Jakarta.

“Dengan semangat kekompakan, kita akan mampu melewati segala rintangan dan hambatan, namun jika kita tercerai berai, kita hanya tinggal menunggu waktu, kapan kehancuran itu akan tiba. Semoga dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan apa yang telah digariskan dalam AD/ART organsiasi,” kata Ketua MA Prof Syarifuddin sebagaimana dikutip dari situs resmi MA, Jum'at (23/12/2022).

Dalam kesempatan itu, Syarifuddin menyampaikan 5 pesan kunci untuk dijadikan pegangan bagi para pengurus pusat wadah profesi hakim di Indonesia itu. Pertama, menjaga integritas. Mengingat integritas yang terjaga akan bisa menyelamatkan semua termasuk MA dari berbagai gangguan atau rongrongan terhadap kemandirian lembaga peradilan. Kedua, menjaga kehormatan korp. Pasalnya, kehormatan korp ialah simbol dari marwah lembaga peradilan.

Ketiga, menjaga kekompakan yang dapat membuat IKAHI semakin kuat dan kokoh. Keempat, menjaga kepedulian. Dengan maksud agar sesama warga peradilan saling mengingatkan demi kebaikan dan menjaga nama baik lembaga. Kelima, menjaga profesionalitas agar penegakan hukum bisa berjalan baik dengan profesionalitas yang tinggi.

"Saya meminta para pengurus baru untuk tidak membeda-bedakan warna toga, karena semuanya memiliki hak dan kewajiban yang sama yaitu sama-sama sebagai bagian dari korp Hakim Indonesia. Selamat kepada semua pengurus yang baru dilantik. Saya harap semua pengurus baru bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Sebagai satu-satunya organisasi resmi para hakim, IKAHI memiliki peranan yang strategis dalam mendukung pencapaian visi Mahkamah Agung yaitu Mewujudkan Badan Peradilan Indonesia Yang Agung," katanya.

Sebagaimana termaktub dalam SK PP IKAHI No.005/SK/PP.IKAHI/XII/2022 berikut selengkapnya struktur organisasi PP IKAHI Periode 2022-2025.

Ketua Umum

Dr. H. Yasardin, S.H., M.H.

Sekretaris Umum

Dr. H. Ridwan Mansyur, S.H., M.H.

Bendahara Umum

Mien Trisnawati, S.H., M.H.

Ketua Bidang Organisasi

Dr. Andriani Nurdin, S.H., M.H.

Ketua Bidang Publikasi dan Kajian Ilmiah

Dr. Andi Akram, S.H., M.H.

Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan antar Lembaga

Dr. Sudharmawatiningsih, S.H., M.H.

Ketua Bidang Kehumasan dan Pengabdian Masyarakat

Dr. H. Sobandi, S.H., M.H.

Ketua Bidang Advokasi

Dr. Disiplin F. Manao, S.H., M.H.

Ketua Penghubung Antar Lingkungan Peradilan

Prof. Dr. Hasbi, S.H., M.H.

Tags:

Berita Terkait