Mengenal Kampus Nasionalis Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
Terbaru

Mengenal Kampus Nasionalis Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

FH UTA 45 Jakarta juga dikenal sebagai perguruan tinggi nasionalis karena mengambil Pancasila sebagai sumber hukumnya dan didirikan oleh profesional hukum di Indonesia.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Dekan Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 (FH UTA 45) Jakarta, Wagiman. Foto: Istimewa
Dekan Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 (FH UTA 45) Jakarta, Wagiman. Foto: Istimewa

Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (FH UTA 45) merupakan salah satu kampus nasionalis yang menjadikan cita hukum Pancasila sebagai kurikulum yang dipilih untuk mampu membangun perspektif keilmuan hukum agar lebih berpihak pada kepentingan masyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

FH UTA 45 Jakarta hadir sebagai tanggung jawab untuk turut serta mencerdaskan bangsa dan pendidikan warga negara yang memiliki tanggung jawab sosial, budi pekerti, dan ilmu pengetahuan. Untuk mewujudkan itu, pada tahun 1960 berdirilah FH UTA 45 Jakarta. FH UTA 45 Jakarta juga dikenal sebagai perguruan tinggi nasionalis karena mengambil Pancasila sebagai sumber hukumnya dan didirikan oleh profesional hukum di Indonesia.

“UTA 45 Jakarta ini universitas nasionalis karena kita ambil Pancasila sebagai sumber hukum, kita ingin menggali secara identik hal itu. Dulu, sejarahnya UTA 45 Jakarta dibangun oleh profesional hukum yang saat ini buku-bukunya masih digunakan, seperti Prof Prajudi Atmosudirdjo,” ujar Wagiman selaku Dekan FH UTA 45 Jakarta kepada Hukumonline, Rabu (16/8).

Baca Juga:

Kemudian tokoh senior nasional lainnya di bidang hukum Tata Negara Prof. Usep Ranawijaya, juga menjadi rujukan FH UTA 45 Jakarta dalam menggali lebih jauh dan mengembangkan cita hukum Pancasila.

“Kita ingin mengembangkan teori cita hukum Pancasila, di mana Pancasila tidak hanya menjadi bahan studi tetapi di monitoring dan diimplementasikan,” imbuh dia.

Salah satu hal dalam mewujudkan cita hukum Pancasila, yaitu FH UTA 45 Jakarta bekerjasama dengan Hukumonline dengan menjadi mitra university solutions Hukumonline dan saat ini telah resmi memiliki Hukumonline corner di perpustakaan kampus UTA 45 Jakarta.

Tags:

Berita Terkait