Lawyer AS Ini Akui Suap Panitera Pengadilan untuk Peroleh Referensi Klien
Terbaru

Lawyer AS Ini Akui Suap Panitera Pengadilan untuk Peroleh Referensi Klien

Terdapat potensi hukuman yang dijatuhkan terhadap Ted sampai dengan 15 tahun penjara. Jaksa mengatakan untuk pembacaan hukuman telah dijadwalkan pada tanggal 12 Maret 2024 mendatang.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Menggelontorkan puluhan ribu dollar AS kepada petugas federal di Distrik Selatan New York agar mendapat potential client, seorang pengacara pidana (criminal defense lawyer) mengaku bersalah atas 4 dakwaan yang menjeratnya. Ia adalah Telesforo Del Valle Jr. alias Ted, lawyer berusia 65 tahun asal Leonia, New Jersey, Amerika Serikat.  

Melansir ABA Journal, ia mengaku tuduhan federal perihal konspirasi, penyuapan, pembayaran kompensasi ilegal kepada pegawai pengadilan, serta membuat pernyataan palsu yang diberikan kepada penegak hukum demi menyembunyikan kejahatan yang dilakukannya. 

Persidangan Ted dijadwalkan dimulai pada 4 Desember 2023 mendatang. Ted potensial mendapat hukuman yang dijatuhkan sampai dengan 15 tahun penjara. Jaksa mengatakan untuk pembacaan hukuman telah dijadwalkan pada tanggal 12 Maret 2024 mendatang.

“Dalam menjalankan praktik hukum, khususnya hukum pidana, diperlukan integritas dan kejujuran. Masyarakat bergantung pada lawyer dan pegawai pengadilan untuk mempertahankan dan memvalidasi kepercayaan mereka terhadap sistem peradilan pidana kita,” ungkap Jaksa Amerika Serikat di Manhattan, Damian Williams, dalam rilis resmi United States Attorney’s Office Southern District of New York, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga:

Belum lagi, Ted telah mengakui tuduhan-tuduhan yang didalilkan atas kejahatan yang dilakukannya. Hal ini dianggap Damian sebagai bentuk pengkhianatan Ted atas sebuah kepercayaan dengan terlibat dalam skema yang berlangsung lebih dari satu dekade dan merusak administrasi peradilan yang adil demi keuntungan pribadi.

Ted dituduh membagi sebagian biaya jasa hukumnya kepada panitera pengadilan dari klien yang mendapat rujukannya sepanjang tahun 2011 sampai dengan 2022. Panitera yang dimaksud dalam hal ini bertugas di kantor panitera hakim untuk Distrik Selatan New York yang memiliki tanggung jawab membuat entri data kasus pidana dan menyiapkan appearance bonds

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait