Ini 'Jawara' Kategori Full Service Top 100 Indonesian Law Firms 2023
Top 100 Indonesian Law Firms 2023

Ini 'Jawara' Kategori Full Service Top 100 Indonesian Law Firms 2023

Kantor hukum Assegaf Hamzah & Partners menduduki sekaligus menjadi pemenang dalam kategori largest full service law firm of the year. Sedangkan kantor hukum DSP Law Firm menjadi pemenang kategori midsize full service law firm of the year.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Tunggul Purusa selaku Partner Assegaf Hamzah & Partners (AHP) memberi sambutan setelah keluar sebagai pemenang kategori Largest Full Service Law Firm of the Year. Foto: RES
Tunggul Purusa selaku Partner Assegaf Hamzah & Partners (AHP) memberi sambutan setelah keluar sebagai pemenang kategori Largest Full Service Law Firm of the Year. Foto: RES

Pada tahun ini, ajang Hukumonline’s Top 100 Indonesian Law Firms 2023 kembali menggelar pemeringkatan kantor hukum ternama di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, tahun ini terdapat 16 kategori pemeringkatan yang ditujukan kepada kantor hukum ternama di Indonesia sekaligus sebagai penghargaan bagi para pemenangnya.    

Beberapa kategori pemeringkatan tersebut menekankan pada beberapa indikator, antara lain riwayat penanganan hukum dan publikasi yang dimiliki oleh kantor hukum dalam rentang 1 Februari 2021 sampai 31 Januari 2023. Indikator lainnya adalah jumlah fee earners yang terhitung dalam rentang 2 Februari sampai 7 April 2023.

Seluruh indikator penilaian tidak digunakan secara simultan pada setiap kategori pemeringkatan, tetapi digunakan secara terpisah pada kategori-kategori tertentu. Analisis dilakukan dengan menggunakan sistem pembobotan secara bertahap serta melibatkan juri dari eksternal dan internal Hukumonline.

Baca juga:

Terjadi peningkatan partisipan dalam Survei Kantor Hukum Indonesia Tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya. Di tahun ini, ada 210 kantor hukum yang ikut serta dalam ajang Top 100 Indonesian Law Firms 2023. Angka tersebut meningkat cukup signifikan sebesar 25,74% dibandingkan tahun 2022 lalu dengan 167 kantor hukum yang terlibat dalam survei.

Menurut fokus kantor hukum, full service menjadi fokus yang dominan yaitu sebanyak 71,42%, Litigasi 15,71%, dan Non Litigasi 12,85%. Selaras dengan penambahan responden tahun 2023, jumlah kantor hukum di setiap fokus kantor hukum juga mengalami penambahan, khsusunya pada kantor hukum full service.

Sejak awal Hukumonline konsisten memberikan daftar pemeringkatan kantor hukum Indonesia dengan jumlah total fee earners sebagai indikator utama meliputi partner, associate, of counsel hingga advokat asing yang dimiliki kantor hukum. Semakin banyak jumlah fee earners, maka semakin besar atau tinggi peringkat kantor hukum.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait