Ragam Putusan Hakim tentang Kerusakan Bangunan Akibat Aktivitas Konstruksi Tetangga

Ragam Putusan Hakim tentang Kerusakan Bangunan Akibat Aktivitas Konstruksi Tetangga

Jika dalam prosesnya sebuah pembangunan ternyata mengganggu lingkungan, maka korban yang mengalami kerugian pada dasarnya dapat menempuh upaya hukum dengan menggugat penyelenggara pembangunan ke pengadilan dengan alasan melakukan PMH.
Ragam Putusan Hakim tentang Kerusakan Bangunan Akibat Aktivitas Konstruksi Tetangga
Ilustrasi rumah rusak. Foto: Shutterstock

Gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, mengalami kerusakan. Dari sejumlah gambar yang beredar, terlihat keretakan yang cukup besar di salah satu bagian gedung. Kerusakan ini bahkan sampai berimbas pada berpindahnya ruang kantor Menteri ESDM Arifin Tasrif ke Gedung Chairul Saleh selama dua bulan ke depan hingga April 2024.

Hingga kini masih dicari sebab pasti kerusakan yang terjadi pada gedung heritage yang telah berumur lebih dari 30 tahun tersebut. Sebagian kalangan menilai, getaran yang diakibatkan oleh pembangunan di sekitar gedung jadi penyebab kerusakan. Biasanya, kerusakan akibat getaran seperti ini menyebabkan terjadinya kerusakan arsitektur hingga kerusakan yang lebih parah seperti kerusakan struktur.

Kejadian kerusakan seperti yang terjadi pada gedung Kementerian ESDM ini sebenarnya bukan yang pertama. Dalam beberapa kesempatan, diketahui hal serupa kerap muncul di pemberitaan tanah air sehingga ikut menarik perhatian publik.

Pada April 2021 misalnya, diberitakan bahwa sejumlah rumah warga di gang Seruni III, Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Kota Surabaya mengalami kerusakan akibat pembangunan gudang milik CV Bangun Utama. Kerusakan rumah sejumlah warga ini bahkan dilaporkan ke DPRD Kota Surabaya.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional