Bamsoet Ikuti Kejurnas Driffting Usai Kecelakaan di Ajang Sprint Rally
Pojok MPR-RI

Bamsoet Ikuti Kejurnas Driffting Usai Kecelakaan di Ajang Sprint Rally

Diperlukan manajemen yang handal dan kekompakan bersama tim dalam menerapkan berbagai standar keselamatan.

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo membuka Nasional Sprint Rally, Slalom dan Drifting 2021. Foto: Istimewa.
Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo membuka Nasional Sprint Rally, Slalom dan Drifting 2021. Foto: Istimewa.

BEKASI - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membuka Kejuaraan Nasional Sprint Rally, Slalom dan Drifting 2021 di Meikarta, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (27/11/21). Usai membuka Kejurnas Bamsoet bersama bersama driffter papan atas Akbar Rais tampil mengikuti Kejurnas Driffting walau beberapa menit sebelumnya mobil Bamsoet dan Sean Gelael sempat terbang dan salto beberapa kali saat mengikuti Kejurnas Sprint Rally di tempat yang sama.

Bamsoet selamat bersama Sean menggunakan Mobil Citroen C3 R5 yang sempat salto tiga kali dan hancur di beberapa bagian.

"Alhamdulillah saya serta Sean selamat tanpa mengalami luka-luka. Selain karena kendaraan Citroen C3 R5 yang terkenal memiliki tingkat safety level internasional, yang di homologasi World Rally kelas 2, saya dan Sean bisa selamat dari kecelakaan karena Sean yang berada di balik kemudi bisa tetap tenang walau posisi mobil terbalik. Bahkan Sean keluar membalikkan sendiri mobil yang miring, sementara saya tetap berada di dalam dan Sean membantu saya keluar tanpa bantuan orang lain. Di situ saya menyaksikan langsung mental Sean sebagai pembalap level dunia. Meski mobil terbalik, ia tetap tenang. Menanyakan keadaan saya, dan kemudian mengarahkan agar saya tidak bergerak, Sean keluar mobil dulu, baru membantu saya keluar dari mobil," ujar Bamsoet.

Hukumonline.com

Ketua MPR Bambang Soesatyo di Kejurnas Sprint Rally 2021. Foto: Istimewa.


Turut hadir Pengurus IMI Pusat antara lain Badan Penasehat Robert J Kardinal, Badan Pengawas Jeffry JP dan Brigjen (Pol) Syamsul Bahri, Hubungan Antar Lembaga Junaedi Elvis dan Andrys, Komisi Sosial Kombes (Pol) Putu Putera. Hadir pula Ketua IMI Jawa Barat Fachrul Sarman.

Ketua DPR RI ke-20 dan Mantan Ketua Komisi III Bidang Hukum & Keamanan DPR RI ini menjelaskan, walaupun mengalami kecelakaan di pengalaman pertamanya mengikuti sprint rally, dirinya tetap bahagia. Karena setiap kegiatan apapun yang dilakukan, pasti tidak lepas dari resiko. Termasuk resiko kecelakaan saat mengikuti kejuaraan olahraga balap.

"Pengalaman berkesan yang tidak akan terlupakan. Bukan karena kecelakaannya, melainkan karena bisa mengetahui bagaimana rasanya perjuangan para atlet saat berada di lintasan balap. Apalagi jika sedang berjuang di kejuaraan internasional untuk mengharumkan nama bangsa," jelas Bamsoet.

Hukumonline.com

Ketua MPR Bambang Soesatyo di Kejurnas Sprint Rally 2021. Foto: Istimewa.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, cuaca dan lintasan sebenarnya bagus sejak pagi. Namun kejadian di lintasan balap berkata lain. Karena itulah, dirinya mengingatkan kembali kepada setiap pembalap dan official timnya, untuk senantiasa menerapkan standar keselamatan yang tinggi bagi kendaraannya. Tidak boleh ada tawar menawar terhadap keselamatan.

Hukumonline.com

Ketua MPR Bambang Soesatyo di Kejurnas Sprint Rally 2021. Foto: Istimewa.


"Sehebat apapun pembalap, pasti tidak bisa menghindari resiko terjadinya kecelakaan. Karena itu diperlukan manajemen yang handal dan kekompakan bersama timnya. Agar senantiasa menerapkan berbagai standar keselamatan. Saya dan Sean bisa selamat dari insiden hari ini, selain karena kemampuan Sean yang hebat, juga karena mobilnya telah memenuhi berbagai aspek keselamatan," kata Bamsoet.

Tags: