Justika.com, Startup Terpilih di Program Startup Studio Indonesia
Berita

Justika.com, Startup Terpilih di Program Startup Studio Indonesia

Justika.com bangga dan bersyukur bisa terpilih dalam program Startup Studio Indonesia ini. Selama satu bulan lebih berjalannya program ini sudah begitu banyak manfaat yang diperoleh.

Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 3 Menit
Foto: startupstudio.id
Foto: startupstudio.id

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menyelenggarakan program Startup Studio Indonesia, program intensif bagi early-stage startup untuk mengakselerasi skala bisnisnya. Program Startup Studio Indonesia ini menargetkan startup pada tahap Angel hingga pre-series A. Justika.com, salah satu dari 20 startup yang terpilih dalam program yang diluncurkan pada akhir Agustus 2020 ini.   

"Justika.com bangga dan bersyukur bisa terpilih dalam program ini. Selama satu bulan lebih berjalan sudah begitu banyak manfaat yang kami peroleh. Bagi startup seusia kami, yang paling penting adalah bimbingan dari pelaku yang lebih berpengalaman serta jejaring investor untuk pengembangan bisnis kami. Kemenkominfo, melalui program ini, mewujudkan 2 hal tersebut dengan sangat baik," kata CEO Justika.com Melvin Sumapung, Jum’at (6/11/2020).

Melvin mengatakan coaching yang dilakukan sangat luas dan menyentuh semua aspek krusial dalam pengembangan start-up. Mulai strategi produk, teamwork dan culture; growth hacking and digital marketing; hingga fundraising. “Setiap coach yang memberi materi merupakan pendiri startup yang telah sukses dan melalui berbagai tantangan, seperti pendiri ataupun manajemen Gojek, Tiket.com, Ralali, Sociolla, Julo, GoodDoctor dan lainnya,” kata Melvin.  

Dia menerangkan materi diberikan dengan informal berupa brainstorming, masing-masing pendiri bisa dengan interaktif bercerita dan berdiskusi satu sama lain. “Kami dapat memperoleh validasi ataupun ide baru untuk tantangan-tantangan yang kami hadapi.”

Saat dipertemukan dengan para investor, kata Melvi, Startup Studio juga memberikan kiat-kiat dan tips dalam melakukan pitching (presentasi singkat). Bukan hanya sekedar mengenalkan, Startup Studio menjelaskan tesis investasi masing-masing investor dan juga menyarankan dan menggali investor yang mungkin cocok dan tertarik.

“Dengan berjalanannya waktu, kami juga disediakan sesi rutin bersama coach untuk mengkalibrasi pitching kami agar lebih baik lagi,” katanya. (Baca Juga: Bukalapak dan Justika Luncurkan Fitur Konsultasi Hukum Digital)

Sebagai upaya mengakselerasi transformasi digital, setelah menginisiasi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital pada 2016 dan Nexticorn (Next Indonesia Unicorn) pada 2017, Kemenkominfo telah menyelenggarakan Startup Studio Indonesia sebagai program intensif bagi early-stage startup untuk mengakselerasi skala bisnisnya sejak Agustus 2020.

Tags:

Berita Terkait