Wajah Baru PERADI dalam Semangat Single Bar
Pojok PERADI

Wajah Baru PERADI dalam Semangat Single Bar

Otto Hasibuan berharap, melalui raker ini, setiap pengurus dapat fokus memberikan sumbangsih pemikiran maksimal untuk PERADI di masa depan.

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Pembukaan secara simbolis Rapat Kerja Pengurus DPN PERADI Tahun 2021. Foto: istimewa.
Pembukaan secara simbolis Rapat Kerja Pengurus DPN PERADI Tahun 2021. Foto: istimewa.

Mengawali babak baru kepengurusan PERADI, Kamis (10/6), Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN PERADI) telah menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) Kepengurusan bertema ‘Melalui Rapat Kerja Kita Tingkatkan Peran Organisasi PERADI dalam Mewujudkan Advokat yang Berkualitas dan Berintegritas’ di Jakarta Convention Center. Tercatat, sebanyak 255 peserta hadir dalam raker, meliputi pengurus DPN, Dewan Pembina, Dewan Pakar, Dewan Penasihat, Dewan Kehormatan, Komisi Pengawas, Young Lawyers Committee, Pusat Bantuan Hukum, hingga Koordinator Wilayah.

 

Dalam sambutannya, Ketua Panitia sekaligus Sekretaris Jenderal DPN PERADI, Hermansyah Dulaimi mengatakan, raker yang diselenggarakan secara tertutup ini berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, menghasilkan usulan program dan pedoman kerja dari 14 bidang organisasi, meliputi Bidang Organisasi dan Pembinaan Advokat Muda; Bidang Publikasi, Humas, dan Protokoler; Bidang PKPA, Sertifikasi, dan Kerja Sama Universitas; Bidang Kesenian, Olahraga, dan Sosial; Bidang Pengangkatan Advokat dan Magang; Bidang PPA dan Disabilitas; Bidang Pendidikan Berkelanjutan; Bidang Pembelaan Organisasi; Bidang Pendidikan, Rekomendasi, Pengawasan Advokat Asing, dan Pendidikan Spesialis Profesi; Bidang Pembelaan Profesi Advokat; Bidang Kajian Hukum dan Perundang-undangan; Bidang Kerja Sama Antarlembaga; serta Bidang Kerja Sama Internasional.

 

Untuk menjaga keamanan peserta, dilakukan tes untuk mendeteksi Covid-19 dengan metode GeNose. Dilakukan pula pembatasan jarak dan 5 M. “Raker diselenggarakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dari Tim Satgas Covid-19. Sebelum menyelenggarakan kegiatan ini, kami juga telah mendapatkan izin dari Polda Metro Jaya,” Hermansyah menambahkan.

 

Ketua Umum DPN PERADI Otto Hasibuan berharap, melalui raker ini, setiap pengurus dapat fokus  memberikan sumbangsih pemikiran maksimal untuk PERADI di masa depan. Hal ini berkaitan dengan cita-cita PERADI meningkatkan advokat berkualitas dan berintegritas di Indonesia.

 

Otto juga menekankan urgensi single bar sebagai upaya organisasi advokat menegakkan keadilan di masyarakat. Menurutnya, kewenangan tunggal, khususnya dalam menetapkan standarisasi maupun kompetensi amat penting dalam menentukan kualitas seorang advokat. Sistem multibar, lanjutnya, memungkinkan tujuan ini tidak dapat tercapai, karena ada banyak organisasi yang memiliki kewenangan menetapkan standar kompetensi.

 

“Hal ini sesuai dengan amanat UU Advokat. Itu sebabnya, dalam rapat kerja ini saya ingin agar kita semua punya kesatuan pikiran, sikap, dan pandangan, terlebih tentang bagaimana peran dan kedudukan organisasi advokat PERADI dalam menegakkan hukum. Ini merupakan perjuangan kita bersama, bukan untuk kepentingan PERADI. Jika advokatnya tidak berkualitas, yang rugi rakyat. Namun, jika advokat berkualitas secara skill, moral, kode etik, yang untung adalah para pencari keadilan,” kata Otto sebelum membuka raker secara simbolis.

 

Rupa Baru PERADI

Bersamaan dengan raker, pada hari yang sama PERADI juga melaksanakan acara penting di masa awal kepengurusan barunya, yaitu Pegumuman dan Penyerahan Hadiah Pemenang Sayembara Desain Toga Advokat dan Peluncuran Logo. Kompetisi yang berlangsung mulai tanggal 4 Januari hingga 1 Februari 2021 ini diikuti oleh 149 peserta desainer seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua.

Tags:

Berita Terkait