UU Cipta Kerja Dinilai Menambah Sengkarut Persoalan Tata Ruang
Terbaru

UU Cipta Kerja Dinilai Menambah Sengkarut Persoalan Tata Ruang

Mulai masalah mulai dari konflik kepentingan, tidak sinkronnya koordinasi tata ruang antar daerah, hingga penyimpangan pemanfaatan ruang di wilayah-wilayah tertentu. Ini disebabkan dipangkasnya kewenangan daerah yang mengakibatkan lemahnya pengawasan pemanfaatan ruang.

Oleh:
Rofiq Hidayat
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi penataan ruang
Ilustrasi penataan ruang

Persoalan tata ruang di berbagai daerah semestinya dapat diatasi/diselesaikan sejak terbitnya UU No.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Sebab, UU “sapujagat” tersebut merevisi UU No.26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang. Namun, UU Cipta Kerja malah menambah sengkarut persoalan tata ruang. Alih-alih memperbaiki penataan ruang, kegiatan alih fungsi lahan yang tidak terkontrol terus menjadi penyebab rusaknya lingkungan.

“Adanya UU No.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang merevisi UU Penataan Ruang justru menambah permasalahan tata ruang karena ditariknya kewenangan daerah ke (pemerintah, red) pusat,” ujar Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fernando Sinaga dalam rapat dengar pendapat umum membahas evaluasi UU 26/2007 di Komplek Gedung Parlemen, belum lama ini.

Dia berpandangan, alih fungsi lahan sepanjang sesuai peruntukan dan dibarengi dengan kajian mendalam tak menjadi soal. Namun yang terjadi, langkah alih fungsi lahan malah mengancam ketahanan pangan nasional. Padahal sejak satu dawasarsa lebih, Indonesia telah memiliki UU Penataan Ruang. Terlebih, setelah UU 26/2007 direvisi ke dalam UU 11/2020 malah menambah runyam persoalan tata ruang karena ditariknya kewenangan daerah ke pemerintah pusat.

Dampaknya, menjadikan lemahnya pengawasan terhadap terhadap pemanfaatan ruang dan munculnya berbagai masalah dalam penataan ruang. Mulai dari konflik kepentingan, tidak sinkronnya koordinasi tata ruang antar daerah, sampai penyimpangan pemanfaatan ruang di wilayah-wilayah tertentu.

Malahan, lanjut Fernando, pengawasan terhadap pemenuhan partisipasi masyarakat dalam penataan ruang menjadi isu yang perlu diperhatikan. Sebab praktiknya, peran serta masyarakat dalam memberikan masukan dan aspirasi seringkali diabaikan. Padahal, masyarakat memiliki peran yang besar dalam membantu pemerintah untuk mengontrol pemanfaatan ruang.

Anggota Komite I Agustine Teras Narang punya pandangan senada. Menurutnya, terbitnya UU 11/2020 memunculkan sentralistik kewenangan yang luar biasa. Menurutnya, UU 11/2020 membuat daerah tak lagi memiliki kewenangan yang kuat. “Boleh dibilang kewenangan pemerintahan daerah dikebiri,” sebutnya.  

Dia menyamakan UU 11/2020 seperti halnya berlakunya UU No.1 Tahun 1967 tentang Penanaman Modal Asing yang berorientasi pada sistem kapitalis. Yakni dalam hal mementingkan investasi sebesar-besarnya tanpa memperhatikan isu dan permasalahan tata ruang dan dampaknya dari pembangunan yang tidak terkontrol. Dia melihat selama ini terdapat upaya pemerintah soal bagaimana menarik investasi sebesar-besarnya.

Tags:

Berita Terkait