‘Peradi Peduli’ di Pengadilan Negeri Jakarta Barat
Berita

‘Peradi Peduli’ di Pengadilan Negeri Jakarta Barat

Jumat pagi (3/7), Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) kembali menyelenggarakan ‘Peradi Peduli: Bersama Lawan Covid-19’ di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Oleh:
CT-CAT
Bacaan 2 Menit
Sekjen Peradi, Thomas E. Tampubolon (ketiga kanan) memberikan bantuan kepada perwakilan tenaga honorer di Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang terdampak kesulitan keuangan akibat Covid-19 pada Jumat (3/7/2020).  Foto: RES.
Sekjen Peradi, Thomas E. Tampubolon (ketiga kanan) memberikan bantuan kepada perwakilan tenaga honorer di Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang terdampak kesulitan keuangan akibat Covid-19 pada Jumat (3/7/2020). Foto: RES.

Jumat pagi (3/7), Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) kembali menyelenggarakan ‘Peradi Peduli: Bersama Lawan Covid-19’ di Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Ini merupakan gelaran kedua yang dikhususkan bagi para tenaga honorer yang terdampak kesulitan keuangan akibat Covid-19. Sebelumnya, bakti sosial ‘Peradi Peduli’ juga diselenggarakan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Jumat (12/6). Adapun pelaksana kegiatan yang ditunjuk oleh DPN untuk berkordinasi dengan PN terkait acara ‘Peradi Peduli’ ini adalah Tim Kordinasi dan Informasi Covid 19 Peradi dengan Ketua Pelaksana R. Riri Purbasari Dewi.

 

Dari pihak DPN Peradi, acara ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal, Thomas E. Tampubolon, S.H., M.H.; Wakil Ketua Umum, Hermansyah Dulaimi, S.H., M.H.; Wakil Sekretaris Jenderal, Viator Harlen Sinaga, S.H., M.H.; serta Ketua Bidang Humas dan Publikasi selaku ketua Tim Korinfo Covid 19, R. Riri Purbasari Dewi beserta tim yang hadir: Muhammad Aqil Ali S.H., Sofie Mandagi S.H., Andriansyah Bayu Kurniawan S.H., M.H., dan Ika Arini Batubara S.H. Sementara itu, dari PN Jakarta Barat, hadir Ketua PN, Dr. Sahlan, S.H., M.H.; Wakil Ketua, Setyanto Hermawan, S.H., M.Hum.; Kepala Panitera, Hamin Achmadi, S.H., M.H.; serta Sekretaris Panitera, Muhammad Akhzan, S.H., M.H.

 

Sekretaris Jenderal, Thomas E. Tampubolon menyampaikan, paket berbagi kasih ini merupakan bentuk kepedulian Peradi terhadap orang-orang yang terdampak wabah Covid-19. “Sebagaimana kita tahu, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kemarin berdampak pada menurunnya penghasilan tenaga honorer di PN. Jumlahnya memang tidak seberapa, tetapi paling tidak kami bisa sedikit membantu," katanya.

 

Lebih lanjut, Thomas berharap, gerakan sosial yang diinisiasi oleh DPN Peradi ini dapat menjadi pendorong para advokat, khususnya yang tergabung dalam Peradi tingkat pusat atau DPC seluruh Indonesia untuk melakukan hal yang sama. Bahkan, jika perlu menjadi kebiasaan baik yang dapat diadakan secara rutin. Sebab, seperti halnya bantuan hukum pro bono Peradi melalui PBH, ‘Peradi Peduli’ ingin menunjukkan bahwa sebagai sebuah organisasi advokat, Peradi juga peduli terhadap masalah-masalah di lingkungan sekitar, khususnya yang terkait dengan kemanusiaan.  

 

Merespons situasi pandemi yang melanda seluruh dunia, pada 23 April 2020, DPN Peradi juga telah menyerahkan bantuan berupa dua ribu set alat pelindung diri (APD) kepada para dokter dan tenaga medis melalui Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI). Penyerahan APD yang dihadiri oleh perwakilan IDI, yaitu Wakil Sekretaris Jenderal PB IDI, dr. Ferry Rahman mewakili Ketua Umum Dr. Daeng M. Faqih, S.H., M.H. ini dilaksanakan di Sekretariat Nasional DPN Peradi, Grand Slipi Tower, Jakarta Barat; dan merupakan bentuk nyata dukungan advokat untuk profesi dokter yang saat ini menjadi garda terdepan dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia.

 

Artikel ini merupakan kerja sama antara Hukumonline dan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi).




Tags:

Berita Terkait